Selasa, 28 Juni 2011

Script Film yang di buat oleh Dani Sayuti

Contoh Rancangan Script Film Dokumenter!
  1. Lokasi : Man 1 Model Bandar Lampung
  2. POV 1 : Point of View Keberadaan Ekskul Mandela Cyber Student (Pengaruh ekskul Mandela cyber student di lingkungan man 1 model Bandar lampung)
  3. POV 2 : Pandangan Penghuni Man 1 Terhadap Ekskul Mandel  Cyber Student (Kepala Sekolah , Guru & siswa) terhadap Prestasi , Keadaan Internal dan Eksternal (pembuatan film).
  4. Data tambahan : Pembumbuan Percintaan dan Humor dalam Pembuatan Film

Rancangan tayangan :
  1. 15 menit dengan 5 segment dan 1 teaser
  2. Pembagian segment :
    • Teaser : Narasi Awal Tentang Cuplikan Awal Berdirinya Mandela Cyber Student.
    • Segment 1 (Hubungan Mandela Cyber Student dengan Linkungan Man 1 Model Bandar Lampung) : Seorang Anggota Mcs Sebagai pemain utama menerangkan pola hubungannya terhadap keadaan Mandela Cyber Student dgn lingkungan Man 1 Model Bandar Lampung.
    • Segment 2 (Seorang Anggota Mcs melihat Mandela Cyber Student  yang  mulai mengalami titik Kejenuhan – intervensi dari orang luar atau kendala lingkungan sekolah yang membuat Mandela cyber student mengalami masa-masa dalam titik kejenuhan).
    • Segment 3 (Sisi pandang orang lain – contoh : seorang siswa yang melihat keadaan Mandela cyber student yang sudah mulai mengalami efek negative (jarang kumpul). Sisi pandang orang-orang yang melakukan kesalahan mengapa Mandela cyber student bisa berada dalam titik kejenuhan.
    • Segment 4 : Sebuah Usaha yang dilakukan oleh seluruh pengurus Mandela cyber student untuk membangun Mandela cyber student yang sedang berada dalam titik kejenuhan.
    • Segment 5 : Usaha yang dilakukan akhir nya dapat membangun Mandela cyber student , Mandela cyber student sudah tidak lagi berada dalam titik kejenuhan , berbagai prestasi diraih dan mendapat sambutan baik dari lingkungan sekolah atas prestasi yang sudah diraih oleh Mandela cyber student.
Rancangan Cerita:
-          Teaser   : Mandela cyber student awalnya merupakan sebuah organisasi / komunitas kecil yang berdiri pada tanggal 18 november 2007, akhir nya dengan penuh perjuangan dari seluruh pengurus dan anggota pada tanggal 15 juli 2010 mandela cyber student resmi menjadi unit kegiatan ekskul di MAN 1 Model Bandar Lampung. Untuk mengenal lebih jauh ekskul Mandela cyber student mari kita saksikan film documenter berdurasi 20 menit yang mencakup unit kegiatan ekskul Mandela cyber student.
-          Segmen 1 : Pada awal gue masuk ke sekolah MAN 1 Model Bandar Lampung, gue mengikuti keggiatan mos yang mungkin sebuah kegiatan yang gk akan pernah gue lupain, pada kegiatan mos tersebut gue di kerjain habis-habisan sama panitia-panitia yang tujuannya melatih kedisiplinan seluruh siswa baru di man 1. Setelah itu pada hari ketiga kegiatan mos, ternyata ada demo dari masing-masing unit kegiatan ekstrakurikuler man 1, dan dari sekian banyak ekskul, ada yang memikat hati gue untuk mengikuti ekskul tersebut yaitu ekskul Mandela cyber student.
Setelah gue teliti ternyata ekskul tersebut memang ekskul yang gue minati yaitu ekskul yang berhubungan dgn dunia tekhnologi. Setelah pelaksanaan mos, di hari pertama aktif bersekolah gue langsung mendaftar ke ekskul Mandela cyber student, gue berkeliling man 1 untuk mencari ketua dari ekskul tersebut, dan akhirnya gue ketemu dengan seorang kakak yang berada di kelas XI IPA 3 namanya kak Dani saat gue menghampiri :
Azzam : Assalammualaikum, kak dani yah?
Dani     : Walalikumsalam wr.wb , iy betul ada apa ya dek?
Azzam : saya azam kak, ingin mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan ekskul cyber student.
Dani     : Oh yaudah yuk ikut saya dek..

Akhirnnya gue diajak sama ketua cyber untuk mengisi formulir pendaftaran, dan setelah itu beberapa hari kemudian gue mengikuti test tertulis dan test peraktik yang diadakan oleh cyber student sebelum gue resmi menjadi anggota dari ekskul tersebut. Dan tentunya setelah test selesai diadakan pasti akan diadakan pengumuman penerimaan keanggotaan Mandela cyber student, saat gue melihat sebuah kertas yang terpampang di madding sekolah gue sgt senang karena nama gue tercantum di kertas tersebut. Ternyata gk hanya test tertulis dan praktik yang diadakan oleh cyber student, setelah seminggu gue ikut kedalam ekskul tersebut, cyber mengadakan test kemampuan dalam berbicara didepan orang banyak yang namanya itu microteaching, gue dan temen2 di cyber disuruh mencari sebuah artikel tentang tekhnologi terus setelah dapat , dalam wkt satu minggu gue disiruh menguasai artikel yang udah gue tentuin dan di presentasikan di depan seluruh anggota cyber secara bergantian dengan teman2 yang lain.

-Segmen 2 : Hari demi hari gue berada di keanggotaan cyber student, ternyata banyak kendala dan masalah yang sering muncul di cyber student, tetapi dengan semangat para pengurus cyber masih dapat terus berdiri di man 1 model Bandar lampung, suatu ketika saat akan kumpul cyber banyak anggota yang menghilang…
Suasana terasa sepi saat kumpul cyber, tetapi alahamdulillah masih saja ada yang ngebuat susasana terpecah menjadi seru dan tetap bahagia.

-Segmen 3 : (Seorang siswa man bertanya kepada salah satu personil cyber student)
Siswa   : zam, kok cyber jarang kumpul sih?
Azzam : iya, gw jg bingung dengan pengurus nya, sebenernya gue mau berbuat sesuatu untuk
                nyelesain masalah yang beginian tapi gue masih jadi anggota,..
Siswa   : ya lo kasih saran tah ke pengurus nya, oh iya yang menyebabkan jarang kumpul knp?
Azzam : iya insyaALLAH, karena jarang ada materi gitu…
Siswa   : emh yaudah lah kalo begitu..

Ternyata ada seorang pengurus yang mendengar akan percakapan azzam dengan salah satu siswa man 2, setelah mendengar hal itu ia melaporkannya ke ketua umum :
Pengurus : Dan, ternyata kita tuh jarang kumpul begini mereka beranggapan kita tuh gk punya
                     materi yang harus di presentasikan..
Dani            : Astagfirullah, iya ane merasa kalo kita udah jarang kumpul karena hal itu, yaudah kita sadari akan kesalahan kita, nanti kita harus mengadakan rapat pengurus untuk menyelesaikan problem ini…
Pengurus : oke deh pak ketua… hehe

Setelah itu pengurus pun mengadakan rapat yang di hadiri oleh Pembina dan seluruh pengurus, dan setelah rapat di selesaikan , pengurus menyadari kan kesalahnnya dan terus berusaha untuk membangun cyber kembali.

Segmen 4 : usaha yang di lakukan pengurus yaitu , mencari berbagai materi untuk di presentasikan kepada seluruh personil cyber, dan mengikuti berbagai perlombaan yang di adakan oleh sekolah dan berbagai perusahaan di Bandar lampung.. berbagai macam lomba yang di ikuti ternyata itu dapat membangun kinerja cyber student, seluruh personil merasa semagat, akhir nya denga semangat dan usaha yang di lakukan , berbagai prestasi di raih oleh cyber student diantaranya adalah juara 1,3, harapan ,2 lomba desain blog, terus mandapatkan juara 1 lomba robotic. Alhamdulillah itu semua berkat pengorbanan , usaha , semangat dan doa dari seluruh personil cyber student.

Segmen 5  : dengan prestasi yang diraih olehcyber student, seluruh petinggi – petinggi man 1 model Bandar lampung ikut merasa senang dan bahagia akan prestasi itu…
Dan nama MAN 1 iikkut melambung tinggi dalam masyarakat.. Hhhe

Oh iya sebelum filim documenter ini berakir , ternyata sdi cyber student sering terjadi cinta lokasi giut,.. hehe dari ketua umum sampai anggota sering terlibat dalam cinta lokasi.. contoh nya adalah si x udh berkali-kali ia merasakan jatuh cinta kepada seorang anggota cyber , tapi itu hal yang wajar.. karena manusia dilahir kan untuk  mencintai dan amenyayangi sesame lawan jenisnya..

Demikian lah pemutaran film documenter ini , mudah-mudahan dapat memotivasi seluruh nya untuk dapat terus berprestasi demi kemajuan man 1 model Bandar lampung. Mohon maaf jika ada kesalah dalam penyutingan video ini… terimakasih atas perhatiannya;..
Assalammualaikum wr.wb


0 komentar:

Posting Komentar